Jadi Rektor Undar- Chairul Saleh Langsung "Disurati” Mahasiswinya

Prof. Ir. Raden Chairul Saleh, M.Sc.,Ph.D resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang periode 2019-2023, Selasa siang (8/10).


Surat itu ditulis oleh Nur Azizah. Dia berharap dengan dilantiknya Chairul Saleh sebagai rektor, akan membawa perubahan di kampus yang dikenal dengan perjuangan mahasiswa pergerakan di kota santri.

Begini isi curhatan surat mahasiswi Nur Azizah dikutip Kantor Berita , Rabu (9/10):

Assalamualaikum, Wr, Wb
Dengan Hormat

Bapak Prof Choirul Rektor Undar yang kami hormati

Sebelumnya kami sampaikan selamat dan sukses atas pelantikan Bapak sebagai Rektor Undar yang baru, semoga kelak membawa perubahan di Undar. Amien.

Sehubungan dengan ini, kami mengharapkan untuk melaksanakan wisuda secepatnya karena ijazah akan kami pergunakan untuk PPG (serrifikasi guru).

Kami mohon pelaksanaan wisuda sebelum atau paling lambat tgl 20 Oktober 2019, kami telah yudisium pada Tahun 2018.

Demikian harapan dari kami, semoga disegerakan untuk wisudanya. Terima kasih.

Wassalamualaikum, Wr, Wb.

Menanggapi surat dari salah satu mahasiswinya usai gelaran pelantikan, Chairul menuturkan jika hal itu juga menjadi agenda dalam waktu dekat yakni bulan depan.

"Insya Allah, bulan depan. Kita harus menata waktu dalam kurun waktu satu-dua bulan ke depan. Karena Insya Alloh, saya dipinjamkan dari Universitas Islam Indonesia (Jogjakarta). Jadi saya harus menata, paling tidak, 50 persen-50 persen dulu," bebernya pada Kantor Berita

Sementara itu disinggung terkait pilihan menjadi Rektor Undar, pihaknya mengaku mempunyai sejarah dengan guru dan pendiri kampus legendaria di kota lain. Selain itu, tidak ada alasan lain dan berpikir panjang hanya ingin mengabdi juga memberikan yang terbaik bagi bangsa dan agama.

"Saya tidak berpikir panjang kata orang Darul Ulum ini itu, Bismillah," tegasnya.

Sementara, Pembina Yayasan Undar Jombang, KH Mudjib Musta'in mengatakan bahwa persoalan sudah selesai, dan proses hukum terkait dinamika polemik Undar Jombang yang sempat mencuat beberapa waktu yang lalu telah selesai.

"Senat kita menang, dari senat yang dimenangkan Inkrah di Pengadilan Negeri, kita rapat senat, dan di ajukan ke yayasan yang baru, karena yayasan yang lama sudah habis masa jabatan," terang Pria yang akrab dipanggil Gus Mujib.

Sehingga atas dasar legalitas itu, dijelaskan kembali oleh Gus Mujib dengan memiliki dasar legal standing yang kuat, kemudian diadakan rapat kembali (rapat senat ulang) dan diajukankanlah empat nama sebagai kandidat Rektor Undar Jombang yang diantara salah satunya yakni, Prof Chairul Saleh.

"Yang dipilih Pak Saleh, yang sanggup siap, bersedia, itu Pak Saleh, dan juga kami mendukung beliau," bebernya.[bi/aji]